Sabtu, 05 Oktober 2019
Jumat, 04 Oktober 2019
Rabu, 02 Oktober 2019
RANGKUMAN MATERI PEMBELAHAN SEL
A. Pembelahan Sel
Pembelahan sel itu sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup.
Ada 3 alasan mengapa sel mengalami pembelahan, yaitu untuk
pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. Berikut ini akan dijelaskan
masing-masing alasan pentingnya sel mengalami pembelahan.
Alasan pertama sel mengalami pembelahan adalah untuk pertum buhan. Alasan selanjutnya adalah untuk perbaikan. Menurut teori sel, semua
sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula ecellula).
Teori ini dinyatakan oleh Rudolf Virchow pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel
baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui
proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan
meiosis. Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk
hidup. Pada pembelahan ini, dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom yang
jumlahnya sama dengan kromosom sel induk. Bagaimanakah dengan pembelahan secara
meiosis? Pembelahan secara meiosis hanya terjadi pada organ kelamin. Pembelahan
ini berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur dan sel sperma). Melalui pembelahan
ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom setengah dari kromosom sel
induk.
Pembelahan mitosis merupakan
tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Sel anakan tersebut
mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Artinya, kedua sel
anakan yang terbentuk mem punyai susunan genetika yang sama, termasuk sama
dalam jumlah kromosom dengan induknya. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel
anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang
kromosomnya berpasangan (2n). Pembelahan mitosis merupakan proses yang
berkesinambungan yang ter diri atas empat fase pembelahan, yaitu profase,
metafase, anafase, dan telofase. Setiap fase pembelahan tersebut memiliki ciri-
ciri yang berbeda.
Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel
anakan yang masing-masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah
kromosom sel induk. Dapat dikatakan bahwa jumlah kromosom yang dimiliki oleh
sel anakan adalah n atau disebut dengan haploid. Oleh karena itu, meiosis
disebut sebagai pembelahan reduksi. pembelahan meiosis berlangsung dalam 2
tingkat yaitu meiosis I dan meiosis II. Perhatikanlah Gambar
1.3. Gambar tersebut menunjukkan
fase-fase pembelahan meiosis
pada tingkat meiosis I dan
meiosis II.
TUJUAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, sebagai berikut.
1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik.
2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan.
3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Tengah Semester (PTS).
Tujuan Penilaian Tengah Semester
Secara umum, tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester adalah sebagai berikut.
1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
2. Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
3. Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
4. Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
5. Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.
Fungsi Penilaian Tengah Semester
Berikut ini beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester.
1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Prinsip-prinsip Penilaian Tengah Semester
Di dalam melaksanakan Penilaian Tengah Semester, maka pendidik perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut.
1. Sahih; berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
2. Objektif; berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.
3. Adil; berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik tertentu.
4. Terpadu; berarti penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
5. Terbuka; berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
6. Menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan; berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
7. Sistematis; berarti penialain dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.
8. Beracuan kriteria; berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
9. Akuntabel; berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Penyusunan soal Penilaian Tengah Semester juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian autentik sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
Penilaian autentik sebagai ciri penilaian dalam Kurikulum 2013 memiliki prinsip-prinsip khusus sebagai berikut.
1. Materi penilaian dikembangkan dari kurikulum.
2. Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran.
3. Berkaitan dengan kemampuan peserta didik.
4. Berbasis kinerja peserta didik.
5. Memotivasi belajar peserta didik.
6. Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik.
7. Memberi kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya.
8. Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
9. Mengembangkan kemampuan berpikir divergen.
10. Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran.
11. Mengendaki balikan yang segera dan terus menerus.
12. Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata.
13. Terkait dengan dunia kerja.
14. Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata.
15. Menggunakan berbagai cara dan instrumen.
Langganan:
Postingan (Atom)