KOMUNITAS GURU IPA KOMUNITAS GURU DPK

Rabu, 02 Oktober 2019

RANGKUMAN MATERI PEMBELAHAN SEL


A. Pembelahan Sel

Pembelahan sel itu sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Ada 3 alasan mengapa sel mengalami pembelahan, yaitu untuk pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing alasan pentingnya sel mengalami pembelahan. Alasan pertama sel mengalami pembelahan adalah untuk pertum buhan. Alasan selanjutnya adalah untuk perbaikan. Menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula ecellula). Teori ini dinyatakan oleh Rudolf Virchow pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan meiosis. Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk hidup. Pada pembelahan ini, dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom yang jumlahnya sama dengan kromosom sel induk. Bagaimanakah dengan pembelahan secara meiosis? Pembelahan secara meiosis hanya terjadi pada organ kelamin. Pembelahan ini berfungsi untuk menghasilkan sel gamet (sel telur dan sel sperma). Melalui pembelahan ini akan dihasilkan sel anak yang mempunyai kromosom setengah dari kromosom sel induk.

Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Sel anakan tersebut mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Artinya, kedua sel anakan yang terbentuk mem punyai susunan genetika yang sama, termasuk sama dalam jumlah kromosom dengan induknya. Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n). Pembelahan mitosis merupakan proses yang berkesinambungan yang ter diri atas empat fase pembelahan, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Setiap fase pembelahan tersebut memiliki ciri- ciri yang berbeda.





 





Pembelahan meiosis  adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang masing-masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk. Dapat dikatakan bahwa jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah n atau disebut dengan haploid. Oleh karena itu, meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi. pembelahan meiosis berlangsung dalam 2 tingkat yaitu meiosis I dan meiosis II. Perhatikanlah  Gambar  1.3.  Gambar tersebut  menunjukkan  fase-fase  pembelahan  meiosis  pada  tingkat meiosis I dan meiosis II.


TUJUAN PENILAIAN TENGAH SEMESTER


Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, sebagai berikut.
1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik.
2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan.
3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Tengah Semester (PTS).

Tujuan Penilaian Tengah Semester

Secara umum, tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.
Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester adalah sebagai berikut.
1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
2. Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
3. Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
4. Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
5. Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.

Fungsi Penilaian Tengah Semester

Berikut ini beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester.
1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Prinsip-prinsip Penilaian Tengah Semester
Di dalam melaksanakan Penilaian Tengah Semester, maka pendidik perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut.
1. Sahih; berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
2. Objektif; berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.
3. Adil; berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik tertentu.
4. Terpadu; berarti penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
5. Terbuka; berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
6. Menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan; berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
7. Sistematis; berarti penialain dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.
8. Beracuan kriteria; berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
9. Akuntabel; berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Penyusunan soal Penilaian Tengah Semester juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian autentik sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
Penilaian autentik sebagai ciri penilaian dalam Kurikulum 2013 memiliki prinsip-prinsip khusus sebagai berikut.
1. Materi penilaian dikembangkan dari kurikulum.
2. Bersifat lintas muatan atau mata pelajaran.
3. Berkaitan dengan kemampuan peserta didik.
4. Berbasis kinerja peserta didik.
5. Memotivasi belajar peserta didik.
6. Menekankan pada kegiatan dan pengalaman belajar peserta didik.
7. Memberi kebebasan peserta didik untuk mengkonstruksi responnya.
8. Menekankan keterpaduan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
9. Mengembangkan kemampuan berpikir divergen.
10. Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran.
11. Mengendaki balikan yang segera dan terus menerus.
12. Menekankan konteks yang mencerminkan dunia nyata.
13. Terkait dengan dunia kerja.
14. Menggunakan data yang diperoleh langsung dari dunia nyata.
15. Menggunakan berbagai cara dan instrumen.

Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013


Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk menyederhanakan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki. Klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus berdasarkan atas persamaan dan perbedaan struktur tubuh makhluk hidup. Carolus Linnaeus menggunakan sistem klasifikasi makhluk hidup yang disebut Sistem BinomialNomenklatur (Sistem Tata Nama Ganda).
Takson merupakan urutan klasifikasi makhluk hidup, mulai dari yang tertinggi (kingdom) hingga yang terendah (spesies).
Kunci determinasi adalah kunci yang dipergunkan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, familia, genus, atau spesies. Dasar yang digunakan adalah identifikasi makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom.
Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah sebagai berikut.
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
Materi Pokok dalam Klasifikasi Makhluk Hidup sebagai berikut.
  • Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar.
  • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup.
  • Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi.
Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Makhluk Hidup memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 tatap muka (TM). Asumsinya 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi tiga kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan dua tatap muka (TM), masing-masing 2 JP.
Di dalam membantu peserta didik memahami materi klasifikasi makhluk hidup, berikut ini admin bagikan Soal Klasifikasi Makhluk Hidup Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Soal berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 25 butir yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

1. Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah ….

A.  mempermudah pengenalan makhluk hidup
B.  memilih makhluk hidup yang dapat dimakan
C.  menentukan asal-usul makhluk hidup
D.  memberikan nama pada setiap makhluk hidup
Kunci jawaban : A

2. Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut ….

A. Botani
B. Zoologi
C. Taksonomi
D. Genetika
Kunci jawaban :C

3. Pemberian tata nama ganda diatur dalam Kode Internasional yang disebut dengan ….

A. binomial nomenklatur
B. pengelompokan
C. kunci determinasi
D. klasifikasi
Kunci jawaban : A

4. Urutan takson yang paling tepat untuk tumbuhan adalah ….

A.  divisi – kelas – familia – genus – spesies
B.  divisi – familia – kelas – genus – spesies
C.  filum  – kelas  – genus – spesies
D.  filum – familia – kelas – genus – spesies
Kunci jawaban : A

5. Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….

A. semakin banyak
B. semakin sedikit
C. berubah-ubah
D. tetap
Kunci jawaban : B

6. Padi memiliki nama ilmiah Oryza sativa. Kata Oryza merupakan petunjuk nama ….

A.  spesies
B.  kelas
C.  familia
D.  genus
Kunci jawaban : D

7. Semakin dekat hubungan kekerabatan makhluk hidup, maka akan semakin banyak ….

A.  perbedaan sifat
B.  keragamannya
C.  persamaan sifat
D.  keunikannya
Kunci jawaban : C

8. Kelompok yang memiliki jumlah individu paling banyak adalah ….

A.  kelas
B.  genus
C.  spesies
D.  familia
Kunci jawaban : C

9. Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….

A. cara makannya autotrof
B. selalu bergerak
C. cara hidup berkoloni
D. cara makannya heterotrof
Kunci jawaban : A

10. Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dengan jamur adalah ….

A.  ganggang tidak berklorofil
B.  jamur tidak berklorofil
C.  jamur berklorofil
D.  ganggang bersel satu
Kunci jawaban : B

11. Lumut kerak merupakan tumbuhan ….

A.  hasil hidup bersama askiometes dengan ganggang
B.  hasil simbiosis antara jamur dengan lumut
C.  gabungan antara tumbuhan paku dengan jamur
D.  hasil hidup bersama antara dua jamur
Kunci jawaban : B

12. Bagian pada tumbuhan paku yang menghasilkan sel kelamin jantan adalah ….

A.  protalium
B.  arkegonium
C.  antheridium
D.  sporogonium
Kunci jawaban : C

13. Daun tumbuhan paku yang dapat menghasilkan spora disebut daun yang ….

A.  steril
B.  hidup
C.  besar
D.  fertil
Kunci jawaban : D

14. Berikut ini termasuk kelompok tumbuhan tidak berpembuluh, kecuali ….

A.  ganggang
B.  tumbuhan paku
C.  lumut
D.  jamur
Kunci jawaban : A

15. Benang-benang halus berwarna putih yang tedapat pada jamur disebut ….

A.  spora
B.  rizoid
C.  sporangium
D.  hifa
Kunci jawaban : D

16. Berikut ini yang termasuk dalam kelompok tumbuhan berbiji terbuka adalah ….

A.  kacang hijau, jagung, jambu mete
B.  pakis haji, melinjo, pinus
C.  kacang tanah, melinjo, pinus
D.  pakis haji, jambu mete, jagung
Kunci jawaban : B

17. Tumbuhan berbiji terbuka yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias adalah ….

A.  pakis haji
B.  tusam
C.  melinjo
D.  damar
Kunci jawaban : A

18. Kerangka hewan berpori dapat dimanfaatkan sebagai ….

A.  penggosok pakaian
B.  penggosok kulit
C.  spons mandi
D.  vas bunga
Kunci jawaban : C

19. Burung termasuk dalam kelompok hewan berdarah panas, yang artinya ….

A.  suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan
B.  suhu tubuhnya lebih tinggi dari suhu lingkungan
C.  suhu tubuhnya tetap, meskipun suhu lingkungan berubah
D.  memiiki kemampuan adaptasi dengan lingkungan
Kunci jawaban : C

20. Berikut ini hewan yang memiliki rangka dalam adalah ….

A.  belalang dan kupu-kupu
B.  lebah dan laba-laba
C.  katak dan kadal
D. kumbang dan kalajengking
Kunci jawaban : C

21. Burung pada waktu terbang akan lebih efektif dalam bernapas jika menggunakan ….

A.  paru-paru buku
B.  insang dan paru-paru
C.  pundi-pundi hawa
D.  paru-paru dan pundi-pundi hawa
Kunci jawaban : C

22. Rhizopoda adalah hewan bersel satu yang bergerak dengan menggunakan ….

A.  kaki semu
B.  kaki tabung
C.  bulu getar
D.  bulu cambuk
Kunci jawaban : A

23. Berikut ini yang bukan termasuk ciri tumbuhan dikotil adalah ….

A.  akarnya tunggang
B.  batang bercabang
C.  daunnya menjari
D.  berkeping dua
Kunci jawaban : C
24. Di bawah ini yang temasuk dalam kelompok crustacea adalah ….
A.  udang dan belalang
B.  kepiting dan udang
C.  kutu dan kelabang
D.  belalang dan kelabang
Kunci jawaban : B

25. Hewan yang mendapatkan julukan mamalia berkantung adalah ….

A.  monyet
B.  tikus
C.  lumba-lumba
D.  kanguru
Kunci jawaban : D